Langsung ke konten utama

Apa Yang Harus di Lakukan Agar Ramadhan Benar Benar Berjalan Sukses

MARHABAN YA RAMADHAN


Beberapa ayat dalam Al Qur'an menyebutkan bahwa ibadah itu adalah "Perlombaan". Salah satu nya dalam Al Baqarah 148. Kalau ibadah adalah perlombaan, bagaimana dengan musim ibadah yang di namakan Ramadhan, sebuah bulan yang isinya penuh dengam ibadah dan berbagai macam ibadah ada didalamnya. Maka tidak heran jika ada yang mengatakan bahwa Ramadhan adalah Olimpiade nya Ahli Taqwa. 

Sebagaimana yang kita ketahui, Olimpiade biasanya di isi oleh atlet atlet papan atas dunia, tidak sembarangan orang bisa mengikuti olimpiade. Tidak ada atlet yang mampu meraih kemenangan dan mendapatkan medali tanpa Persiapan yang matang. 

Inilah yang menjadi inti pembahasan kita kali ini. Ramadhan sudah di depan mata, kira kira kita sudah kah menjadi atlet papan atas yang siap berlaga di olimpiade Ramadhan?. Kalau belum, jangan harap kita akan mendapatkan medali Taqwa yang di janjikan oleh Allah Swt. 

Ibarat lari marathon, jika kita berdiri di garis Start tanpa sebelum nya pemanasan, peregangan otot otot, maka jangan harap kita akan sampai garis Finish, baru beberapa meter saja mungkin kita akan keram. Dalam Ramadhan kita di minta berada di level teratas, bukan satu atau dua hari, tapi sebulan penuh, bahkan kita diminta untuk tetap menaikkan tempo dari hari ke hari Ramadhan. 

Kalau kita tidak ada persiapan menempuh Ramadhan, misalnya kita sudah lama tidak baca Qur'an, pas ramadhan kita baca satu hari tiga juz, mustahil, kenapa? Karena sebelum ramadhan kita tidak pernah membiasakan membaca qur'an, bahkan ada yang letak mushaf nya saja tidak tau dimana lagi. 

Para ulama terdahulu melakukan pemanasan mulai dari Sya'ban, Al Imam Al Mula'i begitu masuk Sya'ban segala kegiatan ia hentikan, warung tutup, ia rutin baca Qur'an, Qiyamul Lail, puasa sunnah. 

Ramadhan itu tantangannya besar, karena tidak hanya Allah yang memberikan promo, tapi, Mall Mall, Pasar malam, Toko Toko juga tidak mau kalah memberikan promo, hasilnya, kita sudah tidak konsentrasi lagi menjalani perlombaan di bulan Ramadhan. Tak heran hampir di setiap Masjid atau Mushollah semakin ke ujung Shaf nya semakin maju. Ada yang mudik, fitting baju lebaran segala macam nya. 

Semua harus ada pemanasan, persiapan yang matang agar tetap konsentrasi mengikuti perlombaan di Olimpade Taqwa bernama Ramadhan. Kalau memang ingin Meet and Greet dengan Ramadhan berjalan Sukses, kita harus persiapkan dari sekarang, jangan tunggu Satu Ramadhan untuk semangat berlomba. 

-Muhammad Arfan-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kultum: Tiga Hadiah Dari Al Qur'an

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Allah SWT berfirman: شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِ ۚ  فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَـصُمْهُ  ۗ  وَمَنْ کَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ  يُرِيْدُ اللّٰهُ بِکُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِکُمُ الْعُسْرَ ۖ  وَلِتُکْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمْ وَلَعَلَّکُمْ تَشْكُرُوْنَ "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hend

Adab Bercanda Dalam Islam

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM Adab Bercanda Dalam Islam Islam Adalah Agam Yang Mulia, Yang Memiliki Aturan " yang Harus Ditaati setiap Pengikutnya, Berikut Adalah Adab Bercanda Menurut Islam Yang dihimpun Dari Berbagai Sumber.  1. NIAT YANG BENAR Bercanda juga membutuhkan niat yang benar. Ya, kita harus mempunyai niat yang benar ketika bercanda yaitu menghilangkan kejenuhan, kepenatan dan menyegarkan jiwa dengan sesuatu yang dibolehkan agama, sehingga memperoleh semangat untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Bukan malah hanya karena hawa nafsu dan mengakibatkan bercanda di luar batas syariat Islam. 2. TIDAK BERLEBIHAN SAAT BERCANDA Dalam bercanda jangan sampai melampaui batas atau bercanda terus menerus. Karena terlalu banyak bercanda akan menjatuhkan kehormatan dan kewibawaan seseorang. Contohnya, ketika jam istirahat sekolah, kalian sudah bercanda dengan teman-teman, ketika sudah masuk kelas masih melanjutkan bercandanya sehingga mengganggu teman ya

Pepatah Minangkabau Tentang Kehidupan

Berikut adalah salah satu pepatah atau pitaruah adat Minangkabau yang menceritakan perjalanan kehidupan seorang manusia... Katiko Sayok Taguah, Paruh Runciang, Kuku Tajam, Mato Lai Tarang.  Tabanglah Tinggi Tinggi, Gungguang Sado Nan Katuju, Cangkam Sado Nan Disukoi, Sentak kan Ka Puncak Gunuang.. Tapi Ingek Sanak!! Hiduik Bamaso, Wakatu Bakatiko Sayok Cabiak, Paruah Rompong, Mato Kabua, Kuku Ndak Tajam Lai, Badan Maraok Ka Nan Tingga, Rimah Baserak Nan Ka Dipiliah, Disitu Utang Ka Babayia Sanak.. Nan Ketek Ka Gadang, Nan Gadang Ka Tuo, Nan tuo Ka Uzur.. Sia pun Kini Nan Sedang di Ateh, Usahlah Manzalimi Nan dibawah.!!!