Langsung ke konten utama

Tips Berburu Lailatul Qadar

Assalamualaikum, 

Tak terasa nih uda masuk 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Bulan dimana banyak keberkahan dilimpahkan lebih banyak oleh Allah kepada hamba-hambanya dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.
Nah salah satu yang paling dicari selama bulan Ramadhan adalah Lailatul Qadar. Karena keutamaan lailatul qadar ini lebih hebat dibandingkan dengan 1000 bulan.
Jika anda bisa mendapatkan lailatul qadar ini, anda diibaratkan seperti telah melakukan ibadah selama 1000 bulan. Waw MasyaAllah ya... 

Sayangnya...
Tak ada yang tau pasti kapan lailatur qadar ini datang. Entah datang diawal puasa, pertengahan atau akhir. Entah tanggal 1, 2, 3, 10, 15 atau 30. Entah jam 10 malam atau 12 malam. Tak ada yang tau.
Namun berdasarkan sebuah riwayat, ada yang menjelaskan bahwa malam lailatul qadar datang di 10 hari terakhir bulan Ramadhan pada tgl ganjil, spt tgl 21, 23, 25, 27 dan 29.
Ada juga yang meriwayatkan, lailatul qadar ini datang pada 7 hari terakhir Ramadhan. Wallahu A'lam
Tak ada yang tau pasti kapan lailatul qadar datang. Mengkin karena saking istimewanya momen ini sehingga Allah merahasiakannya.

Tips Berburu Lailatul Qadar
Meskipun tak ada yang tau kapan lailatul qadar ini datang, bukan berarti anda tak berusaha tuk mendapatkannya.
Yang terpenting adalah usaha. Itu yang Allah nilai. Maka dari itu, terlepas dari kapan lailatul qadar ini datang, alangkah baiknya di 10 hari terakhir Ramadhan ini kita semakin giat dalam beribadah.
Berikut ini tips yang bisa anda lakukan tuk berburu Lailatul Qadar:

1. Ramadhan Bulan Alquran
Rajinlah membaca Alquran. Karena di dalam bulan suci inilah Alquran diturunkan.
Allah juga menjanjikan akan melipat gandakan pahala semua amalan ibadah di dalam bulan Ramadhan.
Maka dari itu, yuk baca Alquran. Minimal selama Ramadhan ini ya khatam 1 kali lah. ^_^

2. Ramadhan Bulan Qiyamul Lail
Yang biasanya susah bangun malam tuk ibadah, yuk selama Ramadhan ini berusaha.
Ya bukan selama Ramadhan doang sih sebenarnya. Tapi paling tidak lakukan usaha ekstra tuk shalat malam di bulan Ramadhan.
Kalau anda susah bangun malam, silahkan lakukan shalat malam sebelum atau sesudah sahur. Tak masalah, yang penting belum masuk shalat subuh. Minimal shalat tahajjud 2 rakaat.

3. Ramadhan Bulan Sedekah
Harta yang sebenarnya adalah harta yang anda sedekahkan. Apalagi jika anda sedekah di bulan Ramadhan, pahalnya berlipat.
Kalau biasanya anda malas bersedekah, yuk sedekah. Karena sedekah ini mampu menjadi penolong kita di akhirat kelak.
Anda bisa sedekah ke faqir miskin, atau sedekah tuk pembangunan masjid/ mushallah. Bagi-bagi takjil juga sedekah.
Apapun yang berkaitan dengan memberikan sebagian harta ke orang lain itu sedekah.

Nah, itu aja 3 tips dari saya seputar berburu lailatul qadar. Saya doakan semakin anda mengamalkan 3 tips diatas, anda bisa dapat lailatul qadar. Amin
Di bulan suci Ramadhan ini, saya juga minta maaf kalau banyak salah. Karena saya gak pengen besok di akhirat anda tuntut. ^_^
Bulan Ramadhan, Bulan Mensucikan Diri.


Salam tulus dari sahabat anda,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kultum: Tiga Hadiah Dari Al Qur'an

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Allah SWT berfirman: شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِ ۚ  فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَـصُمْهُ  ۗ  وَمَنْ کَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ  يُرِيْدُ اللّٰهُ بِکُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِکُمُ الْعُسْرَ ۖ  وَلِتُکْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمْ وَلَعَلَّکُمْ تَشْكُرُوْنَ "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hend

Adab Bercanda Dalam Islam

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM Adab Bercanda Dalam Islam Islam Adalah Agam Yang Mulia, Yang Memiliki Aturan " yang Harus Ditaati setiap Pengikutnya, Berikut Adalah Adab Bercanda Menurut Islam Yang dihimpun Dari Berbagai Sumber.  1. NIAT YANG BENAR Bercanda juga membutuhkan niat yang benar. Ya, kita harus mempunyai niat yang benar ketika bercanda yaitu menghilangkan kejenuhan, kepenatan dan menyegarkan jiwa dengan sesuatu yang dibolehkan agama, sehingga memperoleh semangat untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Bukan malah hanya karena hawa nafsu dan mengakibatkan bercanda di luar batas syariat Islam. 2. TIDAK BERLEBIHAN SAAT BERCANDA Dalam bercanda jangan sampai melampaui batas atau bercanda terus menerus. Karena terlalu banyak bercanda akan menjatuhkan kehormatan dan kewibawaan seseorang. Contohnya, ketika jam istirahat sekolah, kalian sudah bercanda dengan teman-teman, ketika sudah masuk kelas masih melanjutkan bercandanya sehingga mengganggu teman ya

Pepatah Minangkabau Tentang Kehidupan

Berikut adalah salah satu pepatah atau pitaruah adat Minangkabau yang menceritakan perjalanan kehidupan seorang manusia... Katiko Sayok Taguah, Paruh Runciang, Kuku Tajam, Mato Lai Tarang.  Tabanglah Tinggi Tinggi, Gungguang Sado Nan Katuju, Cangkam Sado Nan Disukoi, Sentak kan Ka Puncak Gunuang.. Tapi Ingek Sanak!! Hiduik Bamaso, Wakatu Bakatiko Sayok Cabiak, Paruah Rompong, Mato Kabua, Kuku Ndak Tajam Lai, Badan Maraok Ka Nan Tingga, Rimah Baserak Nan Ka Dipiliah, Disitu Utang Ka Babayia Sanak.. Nan Ketek Ka Gadang, Nan Gadang Ka Tuo, Nan tuo Ka Uzur.. Sia pun Kini Nan Sedang di Ateh, Usahlah Manzalimi Nan dibawah.!!!